SMP 1 SINDANG GHASASI FAVORITE YESS

The State Junior High School 1 (SMP Negeri 1) Sindang Kabupaten Indramayu (SMP GhaSasi) dengan Moto Juang FAVORITE YESS (Fleksibel, Aspiratif, Variatif, Optimal, Religius, Inovatif, Tangguh, Efektif dan efisien - Yang Energik Selalu Sukses

Perpisahan Siswa/i Kls IX TP 2014/2015



Rabu, 03 Juni 2015

APA ITU "MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS)"?



Informasi PPDB 2015/2016 SMP 1 Sindang Indramayu
KLIK INFO




MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS)
Oleh: Alfaqih Warsono

 
Mulai Tahun Pelajaran 2015/2016, pada hari pertama masuk sekolah tidak lagi mengenal Masa Orientasi Siswa (MOS), tetapi para peserta didik baru akan mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MLPS).

MPLS diselenggarakan agar para peserta didik baru (siswa) mengenal sekolah yang mereka masuki berikut lingkungan sekitarnya. Mereka diharapkan tidak lagi merasa kebingungan dalam mengenyam pendidikan di sekolah yang baru. Inilah apa yang disebut masa TA’ARUF (pengenalan).

Tentunya lingkungan sekolah baru mereka akan sangat berbeda dengan lingkungan ketika mereka berada di SD/MI yang mereka tinggalkan. Ketidakkenalan peserta didik baru dengan lingkungan yang barunya akan menyebabkan mereka terganggu dalam melakukan proses pembelajaran. Ini nadalah suatu hal yang boleh terjadi.

Lingkungan sekolah yang baru meliputi lingkungan berupa :
1.   Ruang kelas, laboratorium computer, laboratorium IPA, laboratorium  bahasa, perpustakaan (jumlah, kondisi, situasi, karakteristik) yang berbeda dengan ruang kelas, laboratorium computer, laboratorium IPA, laboratorium  bahasa, perpustakaan di sekolah lama.
2.   Ruang guru/kepala sekolah/tata usaha/OSIS/BK/PMR (kondisi, situasi, karakteristik) yang berbeda dengan Ruang guru/kepala sekolah/tata usaha/OSIS/BK/PMR di sekolah lama.
3.   Aula / bangsal (kondisi, situasi, karakteristik) yang bebeda dengan Aula / bangsal di sekolah lama.
4.   Lapangan serbaguna, halaman, taman (lokasi, kondiisi, karakteristik, pemakaian/perlakuan) yang berbeda dengan Lapangan serbaguna, halaman, taman di sekolah lama.
5.   Kamar kecil/WC (lokasi, kondiisi, karakteristik, pemakaian/perlakuan) yang berbeda dengan Kamar kecil/WC di sekolah lama
6.   Kantin, koperasi (jumlah, kondisi, situasi, karakteristik) yang berbeda dengan Kantin, koperasi di sekolah lama.
7.   Sistem belajar, system kegiatan, system ulangan, system tugas yang berbeda dengan system yang ada di sekolah lama.
8.   Kegiatan (upacara, peringatan, keagamaan, perkemahan, study tour, kunjungan, social kemasyarakatan/baksos, dll) yang berbeda dengan kegiatan yang ada di sekolah lama.

MPLS dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, berisi penghangatan suasana, penambahan wawasan, pendidikan demokrasi dan pengenalan eksistensi sekolah sebagaimana diuraikan di atas.

Prinsip pelaksanaan MPLS adalah :
1.   Murah
2.   Meriah
3.   Missal
4.   Menyenangkan
Oleh karena itu MPLS tidak menyebabkan peserta didik baru mengalami depresi atau gangguan kesehatan lain sebelum mengikuti proses pembelajaran. Agar bersifat menyenangkan maka MPLS disajikan/dikemas dengan metode bermain peran dan berdemonstrasi mengimplementasikan nilai-nilai agama, budaya, social, kekeluargaan dan gotong royong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar